Football War

 Football War

Football War atau Perang Sepakbola (La guerra del fĂștbol dalam bahasa Spanyol) yang juga di kenal dengan perang 100 jam merupakan perang selama 4 hari yang terjadi antara El Savador dan Honduras pada tahun 1969. Perang antar dua negara yang memang terkenal memiliki konflik politik ini di picu oleh alasan yang sepele yaitu persaingan antar kedua negara di ajang piala dunia.
Ketegangan kedua negara yang tak akur ini mencapai puncaknya pada ronde kedua babak penyisihan kualifikasi piala dunia FIFA 1970. Saat itu kedua negara yang kebetulan bertemu harus melakoni laga hom dan away untuk menentukan siapa yang lolos. Pada pertandingan yang pertama yang berlangsung di ibukota Honduras Tegucigalpa, Honduras berhasil memetik kemenangan.
Sedangkan di pertandingan kedua yang diadakan di ibukota El Salvador, San Salvador, El Salvador lah yang berhasil menang. Nah setelah pertandingan kedua ini selesai, permasalahan kemudian mulai muncul saat media masa dari kedua negara mulai mengabarkan tentang kekisruhan yang terjadi seusai pertandingan berlangsung. Media Honduras melaporkan terjadinya pemukulan, pembakaran mobil, dan penganiyayaan terhadap suporter Honduras selama di Salvador, sedangkan  media El Savador Salvador melaporkan adanya penyerangan terhadap suporter El savador oleh warga Hoduras dan polisi selama pertandingan di Honduras. Permusuhan di lapangan hijau ini kemudian merembet kemana-mana sampai akhirnya kedua negara memutuskan hubungan diplomatik mereka. Dan puncaknya pada tanggal 14 Juli 1969, El Savador akhirnya menyerang Honduras dan perang pun akhirnya pecah antar kedua negara ini. Sampai akhirnya Organisation of American States, (Semacam Uni Eropanya benua Amerika), menjembatai genjatan senjata dan perundingan damai diantara ke dua negara tersebut. Negosiasi ini berjalan lancar dan pada akhirnya El Savador menarik tentaranya dari Honduras pada bulan Agustus 1969.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa perang terunik didunia ini, sebagain perang di atas terjadi karena hal yang sepele dan tak masuk akal. Namun itulah yang terjadi saat manusia mengedepankan ego mereka tak tak berfikir panjang untuk menyelesaikan suatu masalah. Tindakan yang di picu Emosi semacam ini tentu hanya akan berakhir dengan kekecewaan. Apalagi jika sudah menyangkut soal erang karena biar bagaimanapun perang merupakan hal yang harys dihindari oleh manusia karena hanya akan meninggalkan luka dan kepedihan.

 Sumber : http://www.anehdidunia.com/2017/01/perang-paling-aneh-dan-konyol-di-dunia.html

0 komentar