Perang Anglo-Zanzibar

 Perang Anglo-Zanzibar

Perang paling aneh yang pertama adalah perang tersingkat di dunia yaitu perang Perang Anglo-Zanzibar. Perang yang terjadi pada tanggal 27 Agustus 1896, antara Inggris dan Zanzibar ini hanya berlangsung selama 40 menit saja. Pemicu perang ini sendiri adalah kematian Sultan Hamd bin Thuwaini, Raja Zanzibar yang pro
terhadap Inggris. Selepas kematian Sultan Hamd, penggantinya yaitu Sultan Khalid bin Barghash langsung naik tahta dan menjadi raja baru Zanzibar. Hal ini memicu kemarahan pemerintah Inggris yang merasa dilangkahi, karena sesuai dengan perjanjian yang di tanda tangani oleh kedua belah pihak ada tahun 1886. Sultan baru yang akan menaiki tahta harus terlebih dulu mendapatkan persetujuan dari konsul Inggris.
Hal inilah yang dilanggar oleh Khalid bin Barghash yang langsung naik tahta. Pihak Ingris yang marah kemudian memberi ultimatum pada pada Khalid untuk turun dari tahtanya, namun Khalid menolak hal tersebut dan justru merespon ultimatum dari Inggris tersebut dengan mengerahkan angkatan bersenjatanya dan membaricade istananya dari serangan Inggris. Perlawanan Khalid ini direspon dengan keras oleh pihak Inggris yang langsung mengirimkan pasukan mereka pada pagi 27 Agustus untuk membombardir Istana Khalid. Dan karena unggul jauh baik dari segi persenjataan maupun personil, Inggris hanya memerlukan waktu kurang lebih 40 menit untuk membuat pasukan Khalid bertekuk lutut dan menyerah. Dalam perang singkat ini sendiri setidaknya ada 500 korban dari pihak Khalid, sedangkan di pihak Inggris hanya ada satu prajurit angkatan lautnya yang mengalami cidera. Perang singkat ini pun berakhir dengan kekalahan Sultan Khalid dan hancurnya Istana kerajaan Zanzibar.

 Sumber : http://www.anehdidunia.com/2017/01/perang-paling-aneh-dan-konyol-di-dunia.html

0 komentar