Perang Babi

 Perang Anglo-Zanzibar

Perang aneh berikutnya adalah Perang Babi atau bahasa kerenya "Pig War." Perang ini merupakan perang yang terjadi di Pulau San Juan, sebuah pulau di Vancouver, yang pada tahun 1850 dihuni oleh para petani Amerika dan juga para pekerja Inggris yang bekerja untuk perusahaan Hudson Bay. Pig War yang  mulai
meletus pada tanggal 15 Juni 1859, ini sendiri didasari oleh alasan yang sangat sepele. Kala itu seorang petani Amerika yang bernama  Lyman Cutla, menembak babi peliharaan milik pekerja Inggris, yang kedapatan merusak ladang kentang miliknya.
Akibat kematian babi ini Cutla dan pekerja Inggris tersebut kemudian terlibat perdebatan sengit yang merembet ke pertikaian antara dua kelompok masyarakat. Puncaknya adalah ketika Cutla, diancam akan di tangkap oleh pihak Inggris. Hal ini membuat warga Amerika yang ada disana, melaporkan Insiden tersebut pada pihak militer Amerika. Mendengar laporan warganya ini militer Amerika kemudian mengirim Kapten George Pickett yang merupakan Jendral pertempuran semasa perang saudara dan sejumlah pasukan untuk pergi ke Pulau San Juan. Setibanya di Pulau San Juan, Kapten George Pickett kemudian mendeklarasikan jika pulau San Juan, adalam wilayah kekuasaan Amerika. Hal ini memicu kemarahan Inggris yang kemudian mengirimkan armada laut bersenjata lengkapnya untuk mengepung wilayah lepas pantai pulau San Juan. Situasi mencekam ini berlangsung selama beberapa minggu sampai akhirnya kedua belah pihak memutuskan untuk bernegosiasi. Negosiasi ini berjalan cukup mulus hingga akhirnya pada bulan Oktober, 1859, Pig War akhirnya resmi berakhir tanpa ada pertumpahan darah yang tak berarti.

 Sumber : http://www.anehdidunia.com/2017/01/perang-paling-aneh-dan-konyol-di-dunia.html

0 komentar