Shaanxi – Cina

 Shaanxi – Cina

Bukan hanya Tangshan saja ternyata yang pernah mengalami gempa bumi terparah di dunia. Ada yang lebih parah dan memilukan lagi dibandingkan gempa bumi Tangshan. Sejarah menulis pada tanggal 23 Januari 1556, gempa bumi dengan kekuatan 8 skala ritcher mengguncang wilayah Shaanxi. Getaran dan guncangan
sedahsyat itu tak hanya memberi dampak parah di wilayah Shaanxi namun juga wilayah kota sekitarnya. Dalam waktu sekejap, kota Shaanxi menjadi kota yang lengang karena menurut laporan sebanyak 60% populasi di kota tersebut menjadi korban tewas dalam tragedy gempa bumi terparah di dunia itu. Meskipun para ahli banyak yang membantah akan tetapi sebagian besar masyarakat meyakini bahwa data jumlah penduduk yang tewas benar-benar sebanyak 830.000 jiwa! Tak hanya menewaskan ratusan ribu manusia, peristiwa gempa bumi Shaanxi saat itu juga secara geografis memberikan dampak perubahan lingkungan. Ada tanah yang tiba-tiba berubah menjadi gundukan bukit, mendadak ada tanah yang berubah menjadi lembah dan lain sebagainya.
Sahabatanehdidunia.com itulah beberapa gempa bumi terparah yang pernah terjadi sepanjang sejarah peradaban manusia. Peristiwa gempa bumi memang tak bisa dicegah dan diprediksi karena memang sudah merupakan hukum alam. Bersikap tanggap dan responsif terhadap situasi ketika terjadi gempa adalah salah satu kunci penting untuk menyelamatkan diri. Selain banyaknya korban jiwa yang meninggal, gempa bumi juga pastinya menimbulkan kerugian dari segi material. Daftar gempa bumi terparah yang pernah terjadi di dunia yang telah disebutkan diatas merupakan peringatan bagi kita semua bahwa bumi akan selalu mengalami hal-hal menakjubkan yang tak hanya menguntungkan namun juga membahayakan.

 Sumber : http://www.anehdidunia.com/2017/01/gempa-bumi-paling-kuat-dalam-sejarah.html

0 komentar